Sudah Banyak terdengar tentang Lesson study, ada yang baru tahu, ada yang baru kenal sedikit-sedikit serta adapula yang sudah melaksanakannya dan mengambil berbagai manfaat dari Lesson Study baik bagi peningkatan ke 4 kompetenssi guru maupun peningkatan muatu siswa dengan ditandai adanya peningkatan nilai proses dan hasil belajar.
Lesson study adalah belajar dari proses pembelajaran, Lesson study bukan merupakan suatu pendekatan pembelajaraan atau pun model pembelajaran, namun Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolabioratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.
Lesson study dilakukan secara kolaboratif dan berkenajutan karena dilakukan secara bersama-sama oleh seorang/sekelompok orang guru baik dari yang memiliki latar belakang pengetahuan (mata pelajaran) yang sama maupun satu kelompok mata pelajaran ataupun berlainan latar belakang mata pelajaran, semua bisa melakukan lesson study. Lesson study dilakukan berdasarkan prinsip kolegalitas dan mutual learning karena dilakukan oleh guru yang sama-sama ingin memperbaiki proses pembelajaran agar mutu pembelajaran lebih baik serta hasil belajar siswa pun akan meningkat pula.
Cara melaksanakan Lesson study adalah dengan mmelaksanakan 3 tahapan yaitu: Plan (perencanaan), Do (pelaksanaan), dan See (refleksi).
Plan (perencanaan) memiliki 3 fase: Analisis permasalahan pembelajaran, rancangan pembelajaran yang berpusat pada siswa, pembuatan dan pengembangan lembar kerja siswa dan evaluasi dan uji coba teaching materials.
Do dan See dilakukan dalam satu kali pertemuan (model pembelajaran, open lesson, dan observasi), pada tahap observasi lebih focus pada aktivitas siswa. Bukan pada aktivitas guru secara langsung. Kemudian yang menjadi guru model pada saat open class adalah guru yang benar-benar mengajar di kelas tersebut. Kepala sekolah berperan sebagai pemberi fasilitas, menghadiri, dan memandu diskusi pasca kegiatan open class dan observasi. Pengawas melakukan suvervisi. Dengan fasilitartor bertugas member arahan bila diperlukan dan melaporka kegiatan kepada pihak dinas ataupun pihak-pihak yang memerlukannya.
Manfaat lesson study : 1) bagi siswa adalah meningkatnya kualitas pembelajaran, 2) bagi guru adalah guru bisa menghasilkan karya tulis dalam bentuk jurnal maupun laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas), guru lebih kreatif menggunakan model–model pembelajaran. 3) bagi sekolah; tersedianya guru yang berkualitas dengan senantiasa mengkaji pembelajaran dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan harapan meningkatkan mutuu pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar