Selasa, 29 Maret 2011

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA TEKS REPORT BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK KWL DI KELAS IX B SMPN4 PURWAKARTA


ABSTRAK

IIS KARTIS,S.Pd.,M.Pd : Peningkatan Hasil belajar Teks Report Bahasa Inggris dengan menggunakan teknik KWL di kelas IX B SMP Negeri 4 Purwakarta, PTK: 2010

            Dari tahun ketahun, pembelajaran bahasa inggris masih dianggap pelajaran yang sangat sulit hal itu disebabkan oleh faktor penguasaan kosa kata siswa masih rendah,  Belajar membaca suatu teks merupakan pembelajaran yang sangat menjenuhkan karena keterbatasan kosa-kata yang para siswa kuasai masih sangat minim.
            Dalam penanggulangan masalah tersebut diatas maka diperlukan seorang guru ynag professional yang mampu mengemas pembelajaran membaca khususnya agar menjadi menarik dan meningkatkan minat membaca serta pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar sisiwapun akan cukup baik.  Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik KWL (Know Want  Learn) dalam meningkatkan hasil belajar membaca teks report di kelas IX B SMPN 4 Purwakarta.
Penelitian ini dengan menggunakan tiga (3) siklus dan masing-masing siklus terdiri dari  dua (2) pertemuan, tes akhir selalu dilaksanakan pada pertemuan kedua. Diakhir penelitian dalam meningkatkan hasil belajar membaca teks report dengan menggunakan teknik KWL di kelas IX B SMP N 4 Purwakarta diperoleh peningkatan yang amat baik yaitu : menunjukan hasil positif hal itu berdasarkan hasil penelitian terhadap peningkatan hasil belajar membaca teks report mengalami peningkatan ditunjukan pada seklus ke satu 58,4%,  siklus ke dua 67%, siklus ke tiga 90,5% dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 8,6% pada siklus ke satu dan kedua dan pada siklus ke tiga sebesar 4,8%.  Untuk ketuntasan klasikal terdapat peningkatan yang sangat berarti dimana pada siklus ke satu ketuntasan klasikal sebesar 52,4% sedangkan pada siklus ke dua sebesar 85,7% dan pada siklus ke tiga sebesar 90,5 jadi terdapat peningkatan sebesar 33,3 dan pada siklus ke tiga sebesar 4,8.
Pada tingkat aktivitas siswa terdapat peningkatan sebesar 29,9 pada siklus ke satu dan ke dua sedangkan pada siklus ke tiga sebesar 1,4 dari data hasil pada siklus ke satu sebanyak 62,2%, siklus ke dua 92,1 %dan pada siklus ke tiga sebesar 93,5%
Pada respon siswa terhadap teknik KWL yang dilaksanakan pada ketiga siklus juga terjadi peningkatan yang cukup baik yaitu pada siklus ke satu sebesar 87%, siklus ke dua sebesar 96% dan siklus ke tiga sebesar 98,4% dan mengalami peningkatan sebesar 9% pada siklus ke satu dan ke dua serta sebesar2,4% pada siklus ke dua dan ke tiga.
Maka upaya meningkatkan hasil belajar membaca teks report bahasa inggris dengan menggunakan teknik KWL di kelas IX B SMPN 4 Purwakarta mengalami peningkatan yang amat baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar